3:40 PM
9

Jakarta, Ketika anak kecil menonton televisi, posisi duduk yang sering digunakan biasanya adalah dengan melipat kedua belah kaki ke belakang sehingga membentuk huruf W. Posisi ini populer dengan sebutan television position. Dikatakan ahli sebetulnya posisi ini tak baik.

Posisi duduk W jadi favorit anak karena baginya ini adalah posisi yang nyaman dan aman. Namun ahli ortopedi dr Faturachman, SpOT, dari RS Hasan Sadikin Bandung mengingatkan orang tua agar tak membiarkan anak dalam posisi ini terlalu lama karena bisa berdampak pada pertumbuhan.

Terutama pada anak yang berusia sekitar empat tahun, saat itu tulang-tulang sendi anggota gerak akan mengalami pertumbuhan pesat. Sehingga kebiasaan duduk W akan mendorong kondisi yang disebut dengan internal rotation atau sendi yang terputar menuju arah dalam.

"Di ortopedi kita menyebutnya internal rotation. Posisi ini bila terulang dan waktunya lama menyebabkan proses pembentukan panggul menjadi cenderung berlebihan," kata dr Faturachman kepada detikHealth, Selasa (26/1/2016).

"Dampaknya apabila dipakai beraktivitas ketika berjalan dia akan in-toeing gait, jadi posisi kakinya bengkok ke dalam," lanjutnya lagi.

Dari segi medis sebetulnya tak ada yang berbahaya dari in-toe gait hanya saja anak akan jadi lebih terhambat kemampuan motoriknya. Pada usia empat sampai delapan tahun di mana anak mulai aktif, postur in-toe gait bisa menghalangi anak untuk lincah bergerak.

"Pada usia itu banyak aktivitasnya dan dia bisa terganggu terutama untuk gerakan yang lincah-lincah," kata dr Faturachman.(fds/vit)

 

Sumber: health.detik.com

 

 

Terima Kasih Telah Berkunjung
Judul: Ini Alasannya Duduk dengan Posisi 'W' Tidak Baik Bagi Anak
DiPosting kembali Oleh Owner

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share kepada sahabat anda.
Daftarkan Email anda di pojok kanan bawah jika anda ingin mendapatkan kiriman artikel terbaru secara otmatis ke email anda.

9 comments:

  1. Wah, Baru tahu... Thank infonya.
    mungkin pengaruh kemeja atau celana juga yang memberikan tekanan ke tubuh. :-d

    ReplyDelete
  2. Tapi, ada sebagian orang yang tulangnya mudah dibengkokkan seperti itu. Dokterlia.com

    ReplyDelete
  3. Waah, pelajaran berharga banget, mksh infonya

    ReplyDelete
  4. Waah, pelajaran berharga banget, mksh infonya

    ReplyDelete
  5. Apakah anak duduk dengan posisi W, bisa berpengaruh pada kesuburan organ intim ,usia dewasa ketika si anak mulai beranjak menginjak usia dewasa.

    ReplyDelete
  6. terimakasih infonya kak, bakalan lebih merhatiin anak lagi
    jangan sampai duduk seperti itu

    regards
    harga printer brother terbaru
    printer brother A3 terbaru

    ReplyDelete