Monday, October 1, 2012

Hamil ke-1 Kembar Biasa, Hamil ke-2 Kembar Tak Biasa, Hamil ke-3 Kembar Luar Biasa

Merseyside, Inggris, Melahirkan kembar saat ini bukan lagi hal yang istimewa terlebih jika si ibu ikut program bayi tabung maka peluang punya anak kembarnya lebih besar.

Kasus hamil pertama mengandung anak kembar pun kini mudah dijumpai baik karena keturunan maupun karena imbas dari program bayi tabung.

Lalu ketika ibu, mengandung lagi anak kembar di kehamilan keduanya seringkali orang akan berucap 'wow hebat bisa kembar lagi'. Karena kondisi ibu hamil kedua dan kembar lagi adalah kasus yang masih jarang.

Tapi ketika ada ibu yang mengandung anak kembar lagi di kehamilan ketiganya dengan pembuahan alami, ucapan orang pun akan menjadi 'luar biasa'.

Beginilah kasus yang dialami Sara Jones (33 tahun) perempuan asal Inggris yang tiga kali hamil tiga kali pula mengandung anak kembar. Dalam 10 tahun Sara sudah melahirkan dan merawat 3 pasang anak kembar sekaligus.

Bahkan antara pasangan kembar kedua dan ketiga hanya berjarak 10 bulan, yang artinya ia harus merawat 4 balita kembar beda usia.

Anak-anak kembar Sara adalah Liam dan Niamh (keduanya 10 tahun), Aoife dan Shay (keduanya 2 tahun) serta Keeva dan Ceira (keduan 17 bulan).

Kondisi ini sangat jarang. Sara bahkan satu-satunya wanita di Inggris yang mencapai 'prestasi' ini, yang peluangnya 1 per 500 ribu. Namun di dalam keluarga Sara, memiliki anak kembar sudah seperti tradisi.

"Bagi kebanyakan keluarga, memiliki anak kembar adalah sesuatu yang luar biasa. Tapi itu sangat normal bagi keluarga kami. Akan aneh bagi saya jika hamil dan tidak kembar," papar Sara Jones, asal Southport, Merseyside, Inggris, seperti dilansir Mirror.co.uk, Senin (1/10/2012).

Sara menuturkan, ia cukup merasa takut ketika pertama kali memiliki anak kembar. Dan ketika dikatakan hamil anak kembar lagi, ia sempat tidak percaya namun tetap senang.

"Tapi ketika perawat mengatakan kembar lagi (kembar ketiga), saya tidak tahu apakah harus tertawa atau menangis. Pada awalnya saya mengira dia sedang bercanda. Ketika dia menatapku dan berkata, 'Tidak, saya serius', saya terkesima. Tapi mereka semua (anak-anak kembar saya) luar biasa," tutur Sara.

Jika dibandingkan dengan keluarga lain yang tidak bisa memiliki anak, Sara merasa sangat beruntung dan menganggap anak-anaknya sebagai berkah. Punya banyak anak kembar memang sempat membuatnya gentar, namun ia sudah tahu bagaimana harus bertindak ketika melahirkan anak kembar lagi untuk ketiga kalinya.

Ia tak tahu apakah ini hanya kebetulan atau karena memang keluarganya memiliki gen dan kesempatan lebih tinggi untuk melahirkan anak kembar. Tapi hidup dengan 3 pasang anak kembar yang lucu-lucu membuat hidup Sara lebih berwarna.
(mer/ir)
sumber: health.detik.com

0 comments: