2:06 PM
2
Jakarta, Obat penunda haid umumnya hanya dipakai untuk keperluan jangka pendek, misalnya saat menjalankan ibadah haji. Namun di Australia, ada obat baru yang bisa dipakai secara teratur sehingga dalam setahun nyeri haid hanya akan datang 3 kali.

Ini berarti, haid hanya akan datang 4 bulan sekali dan bukan setiap bulan seperti normalnya datang bulan pada wanita. Derita nyeri bulanan serta perubahan mood sebagai efek dari Pre Menstrual Syndrome (PMS) juga tidak perlu terjadi 12 kali dalam setahun, tapi cukup 3 kali saja.

Yaz Flex, nama obat tersebut adalah obat penunda haid pertama di Australia yang bisa digunakan terus menerus. Satu kemasan berisi 120 tablet, dilengkapi dengan alarm digital yang akan mengingatkan para wanita apabila lupa tidak mengonsumsinya. 

Fitur alarm digital juga menjadi kelebihan obat ini, mengingat obat-obat hormon untuk kontrasepsi maupun pengaturan haid sering gagal karena jadwal minumnya sering terlupakan. Penelitian menunjukkan, 80 persen wanita pernah lupa minum pil KB dan 31 persen selalu lupa minimal sebulan sekali.

Namun seperti halnya obat lain, obat yang mulai digemari para wanita di Australia terutama yang sering lupa ini juga punya efek samping. Mual, depresi, sakit kepala, nyeri dada serta perdarahan di luar siklus menstruasi bisa terjadi sebagai efek sampingnya.

Wanita yang mengonsumsi obat ini juga 2 kali lebih rentan mengalami penggumpalan darah dibanding saat mengonsumsi obat hormon biasa. Tidak semua mengalaminya memang, dikutip dari news.com.au, Senin (25/9/2012), risikonya hanya 2,7 berbanding 100.000 atau masih sangat rendah.

Dengan obat-obatan yang ada selama ini, pengaturan siklus haid umumnya dilakukan tidak lebih dari 2 minggu sehingga totalnya hanya 40 hari tidak mengalami datang bulan. Obat yang digunakan bisa berupa pil KB atau obat hormon yang berisi progesteron maupun kombinasi esterogen dan progesteron.(up/ir)
sumber: health.detik.com
Terima Kasih Telah Berkunjung
Judul: Obat Ini Mengubah Nyeri Bulanan pada Wanita Jadi 4 Bulanan
DiPosting kembali Oleh Owner

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share kepada sahabat anda.
Daftarkan Email anda di pojok kanan bawah jika anda ingin mendapatkan kiriman artikel terbaru secara otmatis ke email anda.

2 comments:

  1. seharusnya sebagai seorang wanita kita hanya perlu menerima kodrat kita saja,toh datang bulan juga kan menyehatkan bagi tubuh wanita karna mengeluarkan darah kitir dari dalam tubuh.

    ReplyDelete
  2. seharus nya wanita tidak usah meminum obat obatan seperti itu,, kandrah menstruasi itu darah ang kotor yang seharus di keluarkan setiap bulan oleh kita,, dan kalau kita meminum obat penunda menstruasi itu berapa banyak darah kotor dalam tubuh kita.,.mmm., jadi kita terima aja jadi wanita,,mentruasi setiap bulan supa badan kita sehat..

    ReplyDelete