1:09 PM
1
Ilmu pengetahuan akhirnya berhasil mengkonfirmasi apa yang selama ini telah diketahui para nenek, yaitu bayi tumbuh lebih tinggi selama mereka tidur. Temuan itu berasal dari studi yang pertama kali mengukur hubungan antara pertumbuhan harian dan tidur.

Temuan tersebut memperlihatkan bahwa kedua hal itu terkait sangat erat. Lonjakan pertumbuhan secara spesifik terkait dengan peningkatan total jam tidur harian, begitu pula peningkatan jumlah periode tidur harian, waktu sejak bayi mulai tidur hingga terjaga.
"Hanya sedikit yang diketahui soal biologi lonjakan pertumbuhan," kata Michelle Lampl, pakar antropologi Emory University yang mengepalai studi itu.

"Data kami menguak jendela menuju studi ilmiah tentang mekanisme dan jalur yang melandasi pertumbuhan mendadak."



Studi ini membantu orang tua memahami bahwa perilaku tidur yang tidak menentu adalah bagian yang normal dari pertumbuhan dan perkembangan.


"Jam tidur yang tidak menentu dapat membuat orang tua sangat menderita," kata Lampl.
"Namun temuan ini memberikan suara bagi para bayi yang akan membantu orang tua memahami apa yang tengah dihadapi bayinya dan memperlihatkan bahwa perilaku tidur yang tampak berubah-ubah itu adalah bagian yang normal dalam tahap pertumbuhan. Sebenarnya bayi tidak bermaksud membuat ulah."



Studi itu mengungkap sesi tidur lebih panjang pada bayi perempuan dan lelaki memberi petunjuk kenaikan berat dan komposisi lemak tubuh yang berkaitan dengan peningkatan tinggi badan. Tidur tak hanya memprediksi pertumbuhan tinggi, tapi juga meramalkan kenaikan bobot dan lemak perut.


Studi itu juga menunjukkan bahwa perbedaan dalam pola tidur terkait dengan pertumbuhan itu amat tergantung jenis kelamin si bayi. "Lonjakan pertumbuhan diasosiasikan dengan kenaikan durasi sesi tidur pada bayi laki-laki dibanding perempuan dan peningkatan jumlah sesi tidur pada perempuan dibanding lelaki," kata Lampl.
SCIENCEDAILY | TJANDRA


sumber: epaper.korantempo.com
Terima Kasih Telah Berkunjung
Judul: Bayi Tumbuh Jelang Tidur
DiPosting kembali Oleh Owner

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share kepada sahabat anda.
Daftarkan Email anda di pojok kanan bawah jika anda ingin mendapatkan kiriman artikel terbaru secara otmatis ke email anda.

1 comments: