8:45 AM
0
Facial adalah jenis perawatan kulit yang sering dilakukan wanita. Namun, ada kalanya, setelah melakukan facial, tidak sedikit wanita malah mengalami keluhan di kulit wajahnya. Salah satu penyebabnya bisa jadi produk facial yang digunakan tidak sesuai dengan jenis kulit.

Maka itu, bukan hanya cermat memakai pembersih dan pelembab wajah, Anda juga perlu menyesuaikan jenis facial dengan tipe kulit. Hal itu karena setiap jenis kulit memiliki kebutuhan khusus dan perawatan berbeda, termasuk saat facial.

Serviss Kathryn, pakar kecantikan dari Bliss yang berbasis di di LA, Amerika Serikat, menyampaikan facial apa saja yang cocok untuk berbagai jenis kulit.

- Kulit kering
Kondisi kulit kering dipicu kekurangan minyak atau lemak alami, sehingga rentan terhadap dehidrasi. Karena kulit kekurangan air, siklus pengelupasan (eksfoliasi) alami kulit melambat. Facial, yang meliputi pengelupasan kulit secara lembut menggunakan enzim adalah cara terbaik membuat kulit kering menjadi lembab dan terlihat cerah.

Kulit kering juga membutuhkan minyak dan air untuk meningkatkan kelembaban kulit. Maka itu, Serviss menyarankan jenis perawatan facial, seperti masker, bisa membantu penetrasi produk ke dalam kulit. Pilih masker berbentuk krim yang diperuntukkan untuk kulit kering.

- Kulit berminyak
Kulit berminyak memproduksi minyak lebih dari yang diperlukan kulit. Minyak ini merupakan magnet kotoran, seperti sel kulit mati, bekas riasan, polutan, yang kemudian menyumbat pori-pori. Seiring waktu, penyumbatan menjadi keras, yang bisa diibaratkan plak di bagian gigi. Untuk mengatasi masalah ini, lakukan facial kimia yang menggunakan asam glikolat atau asam salisilat yang akan menembus ke dalam pori-pori dan membersihkan penyumbatan. Kulit berminyak juga membutuhkan tindakan ekstraksi untuk menghilangkan kotoran seperti komedo mengeras di pori-pori.

- Kulit kombinasi
Tipe kulit kombinasi adalah kondisi pada area kulit yang kering dan juga berminyak. Sehingga, kulit membutuhkan perawatan ekstra. Facial dengan enzim, kimia atau mikrodermabrasi bisa dilakukan. Ekstrasi juga dibutuhkan terutama di daerah T untuk mengeluarkan komedo dan membuka penyumbatan pori-pori. Masker juga diperlukan dan jenis yang bisa digunakan adalah masker kolagen untuk membuat wajah lembab dan kondisi kulit stabil.

- Kulit sensitif
Untuk kulit sensitif, perawatan facial yang dilakukan perlu lebih hati-hati. Sebelum melakukan facial, katakan pada terapis bahwa kulit Anda sangat sensitif. Eksfoliasi dalam facial sangat dibutuhkan. Karena itu, pilihlah jenis produk berbasis enzim. Hal itu disebabkan produk berbasis ensim bisa membersihkan kulit efektif dan tidak menimbulkan iritasi. Pilih juga produk yang tidak memiliki aroma. Biasanya, bahan yang menimbulkan aroma harum pada produk facial menimbulkan iritasi kulit. (umi)
Sumber: VIVAnews
Terima Kasih Telah Berkunjung
Judul: Aturan Facial Sesuai Jenis Kulit
DiPosting kembali Oleh Owner

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share kepada sahabat anda.
Daftarkan Email anda di pojok kanan bawah jika anda ingin mendapatkan kiriman artikel terbaru secara otmatis ke email anda.

0 comments:

Post a Comment