4:24 PM
0
Jakarta - Vaksinasi atau yang sering disebut imunisasi sangat penting dilakukan pada balita, karena pada umur tersebut mereka masih sangat rentan terhadap penyakit. Oleh sebab itu dibutuhkan antibodi untuk meningkatkan kekuatan kondisi tubuh.

Berikut lima vaksin yang dibutuhkan oleh balita:

1. Vaksin DPT/DTP
Vaksin ini berfungsi untuk mencegah penyakit difteri, pertusis dan tetanus. Vaksin ini diberikan lima kali pada bayi, yaitu usia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, 15-18 bulan, kemudian diberikan lagi pada usia 4-6 tahun.

2. Vaksin IVP (Polio)
Vaksin ini untuk mencegah polio. Dibuat dari poliovirus yang dilemahkan. Biasanya diberikan pada anak dengan meneteskannya ke dalam mulut. Vaksin polio diberikan pertama kali setelah bayi lahir, kemudian vaksin polio berikutnya pada usia 2, 4, 6 dan 18 bulan. Yang terakhir diberikan saat umur 4-6 tahun.

3. Vaksin MMR
Vaksin ini untuk mencegah penyakit campak, gondok dan rubella. Suntikan diberikan dua kali yaitu 12-15 bulan dan 4-6 tahun.

4. Vaksin Hepatitis B

Hepatitis B adalah penyakit virus peradangan hati yang sampai saat ini belum ada obatnya. Penyakit ini termasuk salah satu penyakit mematikan. Hepatitis B bisa dicegah dengan suntikan vaksin yang disuntikkan tiga kali, yaitu saat baru lahir, 1-4 bulan dan 6-18 bulan.

5. Vaksin BCG (Bacillus Calmette-Guerin)

Vaksin ini untuk mencegah penyakit TBC yang berupa bakteri tuberculosis bacillus yang telah dilemahkan. Vaksin BCG terbukti 80% efektif mencegah TBC selama 15 tahun, namun efeknya bergantung pada keadaan geografis. Imunisasi BCG hanya dilakukan sekali yakni ketika bayi berusia 0-11 bulan.

(kik/fer)
Sumber: Wolipop
Terima Kasih Telah Berkunjung
Judul: 5 Vaksin Yang Dibutuhkan Balita
DiPosting kembali Oleh Owner

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share kepada sahabat anda.
Daftarkan Email anda di pojok kanan bawah jika anda ingin mendapatkan kiriman artikel terbaru secara otmatis ke email anda.

0 comments:

Post a Comment