9:04 AM
0
Jakarta, Pernahkah mendapati bayi Anda mengunyah tanah di halaman depan rumah atau menggigiti gorden? Jika tidak sedang mengajarinya bermain debus, sebaiknya awasi benda apa saja yang masuk ke mulut si bayi.

Di tahap awal perkembangannya, bayi memang suka memasukkan sesuatu ke dalam mulut mereka. Dalam teori psikoanalisis yang digagas Sigmund Freud, tahap ini dinamakan fase oral.

Pada tahap yang umumnya berlangsung hingga usia 1-2 tahun ini, bayi mendapatkan kepuasan lewat mulut mereka. Mulai dari menyusu, menggigit puting ibu, menelan makanan, hingga mengunyah benda apapun yang mereka pegang.

Mungkin masih wajar kalau yang dimasukkan mulut adalah pulpen atau jari mereka sendiri, selama benda-benda tersebut dalam keadaan bersih. Namun tak jarang mereka memasukkan benda-benda aneh, sehingga lebih baik kalau benar-benar diawasi.

Berikut ini adalah 4 macam benda aneh yang menarik perhatian adek bayi untuk dimasukkan ke dalam mulut mereka, dilansir dari Parenting, Senin (19/4/2010).

1. Krayon
Pada krayon, warna-warni adalah hal yang paling menarik bagi bayi. Yang perlu diperhatikan adalah kandungan yang ada, pastikan tidak beracun. Umumnya krayon untuk anak-anak memang tidak mengandung bahan beracun, sehingga jika tertelan kemungkinan hanya akan memberi sedikit 'warna-warni' pada kotoran bayi.

2. Kertas
Anda boleh jengkel jika yang dikunyah adalah novel kesayangan atau koran terbaru yang belum sempat dibaca headline-nya. Tapi jangan terlalu panik, kertas yang tertelan umumnya tidak mengganggu pencernaan. Asalkan tidak berlebihan dan tidak tercemar kotoran lain, kertas bisa dianggap sebagai serat tambahan.

3. Pup (kotorannya sendiri)
"Tentunya ini sangat menjijikkan, tetapi tidak terlalu mengkhawatirkan." ungkap Louis Borgenicht, M.D., pengarang buku The Baby Owner's Manual. Menurutnya, akan lebih berbahaya jika kotoran tersebut masuk ke mata, karena bisa menyebabkan pink-eye (conjunctivitis atau kemerahan disertai pembengkakan pada selaput
mata).

4. Koin
Uang logam maupun baut yang lepas dari mainan bisa menarik perhatian bayi. Logam tertentu jika tidak kotor oleh pelumas mungkin tidak beracun, tetapi sangat berbahaya jika sampai tertelan. Segera hubungi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.
(up/ir)
Sumber:DetikHealth.
Terima Kasih Telah Berkunjung
Judul: Benda-benda yang Paling Sering Ditelan Bayi
DiPosting kembali Oleh Owner

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share kepada sahabat anda.
Daftarkan Email anda di pojok kanan bawah jika anda ingin mendapatkan kiriman artikel terbaru secara otmatis ke email anda.

0 comments:

Post a Comment