12:31 PM
0
Banyak orang yang tidak sabar dalam mengobati jerawat di wajahnya, inginnya dalam waktu beberapa hari semua jerawatnya hilang. Padahal agar bisa mendapatkan kulit wajah yang halus dan bebas jerawat diperlukan ketekunan dalam menjalani perawatan dan tidak bisa cepat.

Pengobatan untuk menyembuhkan jerawat dengan menggunakan obat-obatan memerlukan ketekunan dari pasien itu sendiri. Berdasarkan American Academy of Dermatology, didapatkan lebih dari 40 persen remaja yang memiliki jerawat parah membutuhkan pengobatan dari dokter.

Biasanya resep obat yang diberikan oleh dokter adalah retinoid dan antibiotik. Menggunakan kombinasi obat-obatan ini seringkali memberikan hasil yang terbaik, tapi harus tetap dikonsumsi selama jerawat tersebut masih ada. Pada beberapa orang terkadang dibutuhkan waktu bertahun-tahun.

Meskipun secara umum penggunaan jangka panjang masih bisa ditoleransi, tapi seringkali pada sebagian orang mengakibatkan kulit kering dan iritasi kulit.

"Banyak orang yang datang ke dokter kulit hari ini dan ingin mendapatkan hasil yang lebih baik keesokan harinya. Padahal ketekunan dan kesabaran diperlukan untuk menghilangkan jerawat dari wajah seseorang," ujar Dr Karl Beutner dari asosiasi profesor dermatologi klinis di UC San Francisco, seperti dikutip dai Latimes, Senin (7/12/2009).

Lebih lanjut Dr Beutner menuturkan agar pengobatan ini terasa lebih manjur, pasien harus taat dalam melakukan perawatan ini. Jika seseorang tekun dan sabar, maka perbedaan tersebut pasti akan terlihat.

Terkadang orang ingin mendapatkan hasil yang cepat dengan cara mengonsumsi obat dalam dosis tinggi. Salah satunya adalah isotretinoin (turunan dari vitamin A) atau dikenal dengan merek Accutane. Obat ini memang sering digunakan sebagai obat jerawat, tapi bersifat sangat keras dan berbahaya karena dapat menyebabkan bayi lahir cacat serius jika dikonsumsi sesaat sebelum hamil atau selama kehamilan.

Jadi lama atau tidaknya pengobatan jerawat tergantung dari seberapa besar ketekunan pasien tersebut menjalani perawatan ini. Selain itu diperlukan juga menjaga kebersihan kulit wajah dan tidak memencet jerawat dengan tangan.

(ver/ir)
Sumber:DetikHealth
Terima Kasih Telah Berkunjung
Judul: Jerawat Tak Bisa Diobati Secara Kilat
DiPosting kembali Oleh Owner

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share kepada sahabat anda.
Daftarkan Email anda di pojok kanan bawah jika anda ingin mendapatkan kiriman artikel terbaru secara otmatis ke email anda.

0 comments:

Post a Comment