11:23 AM
0

adalah "pengasuh" terbaik bagi anak. Buktinya, anak-anak yang dititipkan di tempat penitipan anak dan diasuh orangtua asuh atau pembantu, memiliki kemungkinan dua kali lebih besar mengalami masalah kesehatan mental dibanding anak-anak yang diasuh sendiri oleh orangtuanya.

Kesimpulan tersebut setidaknya didasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Singapura. Dalam studi yang melibatkan 2.000 anak berusia 6?12 tahun tersebut, menunjukkan adanya hubungan langsung antara ketidakhadiran orangtua dengan emosional dan perilaku menyimpang pada anak seperti depresi, kegelisahan, agresif, dan perilaku suka mengganggu.

Dr Bernardine Woo dan peneliti di Institut Kesehatan Mental Singapura dan Universitas Nasional Singapura mengatakan, anak-anak yang tinggal dengan orangtua tunggal (ibunya) karena bercerai, menjanda, atau ditinggal mati suaminya, kemungkinan tiga kali lebih besar mengalami masalah kesehatan mental dibanding anak lainnya. Mengenai alasannya,Woo dan timnya mengaku tidak mempelajari alasan terbentuknya korelasi dari kedua hal tersebut.

"Sejumlah postulat mengemukakan alasannya terletak pada kurangnya dukungan dari orangtua dan kualitas perhatian yang mungkin berbeda-beda antara anak yang satu dengan yang lain,yang selanjutnya akan memengaruhi anak-anak secara psikologis," kata Woo.

Di Asia, adalah hal yang biasa bila orangtua yang sibuk bekerja meninggalkan anak mereka dalam asuhan pembantu, teman, kerabat, atau pusat penitipan anak.

Studi juga menemukan bahwa secara umum, kemungkinan anak laki-laki untuk mengalami masalah perilaku dan emosional dua kali lebih tinggi dibandingkan anak perempuan. Selain itu, anak laki-laki dengan IQ (intelligence quotient) rendah berisiko tiga kali lebih tinggi mengalami masalah yang sama dibanding mereka yang memiliki IQ lebih tinggi.(Koran SI/Koran SI/nsa)
Terima Kasih Telah Berkunjung
Judul: Rumah Lebih Baik bagi Anak
DiPosting kembali Oleh Owner

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share kepada sahabat anda.
Daftarkan Email anda di pojok kanan bawah jika anda ingin mendapatkan kiriman artikel terbaru secara otmatis ke email anda.

0 comments:

Post a Comment