5:02 PM
0

Inilah sejumlah tip mudah dan cepat yang dapat Anda lakukan saat membersihkan peralatan dapur Anda.

1. Bersihkan kotoran telur : Jika Anda tak sengaja memecahkan telur sehingga lantai dapur atau permukaan dapur menjadi kotor dan jijik, cobalah menggunakan garam. Taburkan garam secukupnya di atas cairan telur dan tunggu beberapa menit hingga kering lalu bersihkan secara merata. Jangan sampai butiran garam dibiarkan terlalu lama, terutama di atas permukaan berbahan dasar logam atau metal. Bila dibiarkan lama, garam dapat memengaruhi lapisan metal perlatan dapur.

2. Hilangkan residu pembersih oven : Ketika oven Anda dibersihkan, biasanya selalu terdapat sisa atau residu pembersih pada bagian dalam oven. Residu ini dapat menyebabkan aroma atau bau tak sedap dan bahkan menimbulkan asap saat memanggang atau memasak hingga akhirnya benar-benar hilang. Anda dapat mengakalinya dengan cara menyeka oven menggunakan lap yang di rendam dalam campuran cuka air (50/50) sesaat setelah oven dibersihkan. Langkah ini dapat menyapu seluruh sisa-sisa pembersih atau residu.

3. Membersihkan alat cuci piring atau mesin cuci : Serbuk atau kristal minuman sari jeruk sebenarnya mengandung asam sitrat yang dapat digunakan untuk menghilangkan noda dengan cukup baik. Jika Anda ingin menambahkan cairan pembersih seperti deterjen untuk menghilangkan buih atau noda, jalankan mesin dalam kondisi full empty load dengan menambahkan serbuk sari jeruk.

4. Membersihkan kulkas : Cobalah untuk membersihkan bagian dalam kulkas dengan air panas bercampur sabun. Kemudian bilas dengan larutan cuka-air (50/50) untuk menghadang jamur atau kapang. Langkah ini bermanfaat untuk menyegarkan dan menghilangkan bau dalam kulkas. Jika Anda sering membersihkan kulkas secara rutin, cukup mengelapnya dengan larutan cuka dan air.

5. Menyapu debu kulkas : Anda juga dapat membersihkan bagian belakang kulkas yakni rangkaian koil dengan menggunakan vacuum. Tariklah bagian depan lempeng metal (kickplate) jika posisi koil berada di dasar kulkas. Koil merupakan bagian yang berpotensi menjadi sumber berkumpulnya debu, dan ini artinya kulkas Anda harus bekerja keras untuk membuat bagian dalam tetap dingin. Jangan lupa mencabut kabel dari sumber listrik sebelum membersihkannya.

sumber:Kompas.com
Terima Kasih Telah Berkunjung
Judul: Lima Tip Cepat Bersihkan Alat Dapur
DiPosting kembali Oleh Owner

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share kepada sahabat anda.
Daftarkan Email anda di pojok kanan bawah jika anda ingin mendapatkan kiriman artikel terbaru secara otmatis ke email anda.

0 comments:

Post a Comment