1:48 PM
0
Sering terlihat anak sekolah dasar atau anak kecil membawa tas ransel sekolah yang besar dan berat untuk ukuran anak seusianya. Padahal jika anak terlalu sering memikul beban yang terlalu berat akan berbahaya bagi struktur tubuhnya nanti.

Anak sekolah dasar merupakan usia dimana tubuhnya masih berkembang dan tumbuh. Jika terjadi sesuatu yang bisa mengganggu proses pertumbuhannya akibatnya baru akan terasa setelah si anak dewasa atau mulai memasuki usia 17 tahun ke atas.

"Pada anak kecil yang sering membawa beban yang berat ada dua faktor yang bisa mempengaruhinya, yaitu bagaimana cara membawanya dan berapa beban yang harus ditanggung anak setiap harinya," ujar Daniel A Nugroho, AMF, fisioterapis dari Klinik Eastwest Physiotherapy & Rehabilitation, saat ditemui detikHealth, di kantornya, Dharmawangsa Square, Jakarta, Senin (24/8/2009).

Daniel menambahkan, untuk mengetahui apakah beban tersebut melebihi kapasitas sang anak atau tidak akan terlihat saat anak tersebut berdiri. Jika saat anak dipakaikan tas dan merubah posisi berdirinya entah itu maju atau mundur, maka beban tersebut telah melebihi kemampuan sang anak.

Meskipun saat ini banyak tas ransel yang dirancang untuk menunjang posisi tulang belakang agar tetap lurus, tapi tetap saja otot akan bekerja terlalu keras untuk menahan beban tersebut.

"Mungkin anak tidak akan mengeluh mengenai apa yang dirasakannya, namun keluhan biasanya baru akan muncul setelah anak tersebut tidak menanggung beban yang berat lagi misalnya saat sekolah menengah atas atau saat kuliah," ujarnya.

Akibat yang bisa ditimbulkan jika anak terus menerus memikul beban yang berat di pundaknya adalah bisa saja anak mengalami skoliosis yaitu tulang belakang tidak normal yang bentuknya tidak lurus melainkan melengkung ke samping, anak akan menjadi bongkok atau agak membusung saat berjalan.

Sebaiknya jika anak harus membawa banyak peralatan ke sekolahnya, gunakanlah tas yang seperti koper sehingga tidak harus dipikul tapi bisa didorong. Atau jika menggunakan tas ransel jangan terlalu banyak isinya, gunakanlah tas tambahan yang bisa dijinjing oleh sang anak jika bawaannya terlalu banyak.

Mulai saat ini perhatikan barang apa saja yang dibawa oleh sang anak. Sebisa mungkin kurangi barang bawaan yang tidak perlu dan jangan memberikan anak beban yang terlalu berat.
sumber:Health.detik.com
Terima Kasih Telah Berkunjung
Judul: Anak Jangan Bawa Ransel Sekolah Terlalu Berat
DiPosting kembali Oleh Owner

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share kepada sahabat anda.
Daftarkan Email anda di pojok kanan bawah jika anda ingin mendapatkan kiriman artikel terbaru secara otmatis ke email anda.

0 comments:

Post a Comment