2:07 PM
0

CERITA: Berikan anak latar belakang cerita tentang rumah sakit agar ia tidak menerka dan merasa takut ketika harus mengunjungi dokter.

Anda mungkin pernah mendengar salah satu kalimat dalam sebuah iklan komersil, pengalaman pertama tak terlupakan. Hal yang berlaku juga pada kunjungan pertama anak menuju rumah sakit. Terlihat sepele, tapi penting karena pada akhirnya pengalaman akan membentuk perspektif anak tentang rumah sakit.

Untuk itu, perlu dipersiapkan langkah-langkah guna memperkenalkan anak dengan dunia medis. Persiapan yang buruk tentu bukanlah hal yang anda harapkan. Berikut langkah-langkah yang diperlukan guna keberhasilan membimbing anak menikmati pengalaman pertamanya di rumah sakit.

Hal pertama yang perlu dilakukan, perkenalkan sejak dini hal-hal berbau rumah sakit. Misalnya, bila Anda mendengar sirine yang berasal dari ambulans maka Anda harus menjelaskan suara itu merupakan bentuk pertolongan ke orang-orang membutuhkan. Penjelasan mutlak membutuhkan ke hati-hatian karena salah sedikit anak anda akan mengartikan negatif.

Beri anak gambar-gambar tentang rumah sakit, bila Anda melihat ada buku atau poster tentang gambar-gambar rumah sakit, sebaiknya Anda beli.Karena itu cukup membantu menjelaskan kepada anak.

Apabila secara kebetulan si anak mendengar percakapan Anda tentang suatu penyakit tertentu. Alangkah baiknya, Anda tidak berbohong melainkan menjelaskan secara jujur dengan disertai pengharapan bahwa segala macam penyakit ada obatnya.

Lakukan praktek medis sederhana, semisal, bila anak anda luka maka obati luka si anak dengan disertai penjelasan. Mengapa luka harus diobati, dengan apa luka harus diobati dan berapa lama untuk sembuh. Biasanya pertanyaan macam itu sudah terpatri secara alami pada pikiran anak.

Ajaklah mengunjungi sanak-saudara yang sakit, hal ini cukup membantu memperkenalkan mereka dengan hal-hal nyata sekaligus mempraktekkan apa yang dijelaskan anda saat dirumah. Nantinya, pengalaman ini menambah pengetahuan sang anak ketika mengunjungi rumah sakit.

Langkah terakhir yang perlu dilakukan anda harus bersabar untuk menghadapi proses perkenalan anak dengan dunia medis. Peran orangtua sangat vital untuk membentuk perspektif anak hingga dewasa nanti. (usnews/cr2/rin)

Sumber: Republikaonline

Terima Kasih Telah Berkunjung
Judul: Agar Kunjungan ke Dokter Tak Menyeramkan
DiPosting kembali Oleh Owner

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share kepada sahabat anda.
Daftarkan Email anda di pojok kanan bawah jika anda ingin mendapatkan kiriman artikel terbaru secara otmatis ke email anda.

0 comments:

Post a Comment