8:30 AM
0

Kesehatan gigi dan mulut masih sering menjadi masalah bagi masyarakat Indonesia. Meski tidak menyebabkan kematian, penyakit gigi dan mulut dapat mempengaruhi dan memperparah penyakit sistemik seperti diabetes dan jantung koroner.

Data dari The World Oral Health Report menunjukan, penyakit gigi dan mulut merupakan peringkat ke-4 penyakit termahal dalam perawatannya. Artinya selain menurunkan produktifitas, penyakit gigi dan mulut juga akan menguras pengeluaran untuk pengobatannya.

Dokter gigi dari Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Trisakti, drg. Tri Erri Astoeti mengatakan prevalensi penyakit gigi dan mulut masyarakat Indonesia mencapai 90,5 %. "Penyakit gigi dan mulut merupakan penyakit tertinggi ke enam yang dikeluhkan masyarakat," jelas Erri pada workshop kesehatan gigi dan mulut di Jakarta, Jumat, baru-baru ini.

Kondisi tersebut, dikatakan Erri karena masih banyak masyarakat yang kurang memahami tentang kesehatan gigi. Sebanyak 61,5 % masyarakat menyikat gigi kurang sesuai anjuran dan bahkan 16,6 % tidak sikat gigi. " Kebanyakan masyarakat menyikat gigi dengan arah yang salah, yaitu dari atas ke bawah atau ada yang horizontal. Itu justru akan mendorong sisa makanan ke sela gigi dan gusi," tutur Erri.

Erri menjelaskan cara menyikat gigi yang benar adalah mulai dari gusi lalu permukaan gigi ke atas. Jangan lupa juga menyikat gigi bagia n dalam terutama geraham bawah, karena saliva atau air liur seringkali menyebabkan karang pada gigi.

Selain itu jangan dibiasakan menggunakan tusuk gigi karena tusuk gigi justru akan melukai gusi dan membuat lapisan antara gusi dan gigi terkikis. "Sebaiknya gunakan benang gigi. Benang gigi dapat mengangkat sisa makanan yang ada di sela gigi," imbuh Erri.

Jangan lupa juga membersihkan lidah, karena pada pori-pori lidah terdapat banyak sisa makanan. "Cukup dengan menyapu lidah menggunakan bulu sikat gigi secara perlahan," ujar Erri.

Dengan mengetahui cara menyikat gigi dan membersihkan setiap bagian mulut dengan benar, maka masalah gigi pun dapat dicegah. (cr1/rin)

Sumber: RepublikaOnline

Terima Kasih Telah Berkunjung
Judul: Sikat Gigi dari Bawah ke Atas
DiPosting kembali Oleh Owner

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share kepada sahabat anda.
Daftarkan Email anda di pojok kanan bawah jika anda ingin mendapatkan kiriman artikel terbaru secara otmatis ke email anda.

0 comments:

Post a Comment