10:28 AM
0

Banyak anak-anak yang mengalami kesulitan ketika harus berpisah dengan orangtua. Misalnya, saat dia harus pergi ke sekolah atau ketika ayah dan ibu bekerja.

Hal itu sangat wajar terjadi. Jika hal itu Anda alami, jangan biarkan rasa panik menguasai Anda. Sedapat mungkin, kuatkan hati Anda dan bersikap tenang.

Pastikan Anda membuat anak memahami perpisahan tersebut hanya sementara. Dalam beberapa waktu, Anda akan kembali ke rumah.

Ada beberapa saran dari Rotary International agar anak tidak merasa panik dan stres ketika berpisah dengan orangtua, antara lain :

  • Jangan persulit proses berpisah pada anak, biarkan dia ditemani orangyang dikenal seperti pengasuh atau kakek dan neneknya. Biasanya semakin muda usia anak ketika dia mulai berpisah, maka prosesnya akan semakin mudah.
  • Mulai lakukan proses berpisah dari anak secara perlahan dan bertahap untuk membangun toleransi anak.
  • Pastikan anak Anda cukup tidur dan makan ketika proses transisi kepada pengasuh.
  • Sebisa mungkin, usahakan anak Anda tetap berada di lingkungan rumah yang dikenal.
  • Lakukan ritual yang sama saat akan berpisah pada anak, misalnya mengajarkan bersalaman atau mencium pipi ayah dan ibu.
  • Usahakan menggunakan jasa pengasuh anak yang sama. Jika memungkinkan, kenalkan pada anak jauh-jauh hari.
  • Tetap tenang dan rileks. Jangan berlebihan saat mengucapkan salam perpisahan. Pastikan anak mengetahui Anda akan kembali.
(healthday/rin)
Terima Kasih Telah Berkunjung
Judul: Pergi Kerja Bebas Rengekan
DiPosting kembali Oleh Owner

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share kepada sahabat anda.
Daftarkan Email anda di pojok kanan bawah jika anda ingin mendapatkan kiriman artikel terbaru secara otmatis ke email anda.

0 comments:

Post a Comment