11:19 AM
0
Untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang optimal, pastikan bayi ibu mendapatkan ASI dan asupan gizi lainnya dari makanan bayi. Selain itu pastikan bayi mendapatkan imunisasi lengkap dan membiasakan gaya hidup yang sehat sejak dini.

Gaya hidup sehat yang ditanamkan semenjak dini menjadi bagian penting dari upaya menjaga daya tahan tubuh di masa depan.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut
Begitu gigi pertama si kecil tumbuh, Ibu sudah harus mulai memperhatikan kesehatan mulut si kecil, terutama kebersihannya. Gigi dan mulut adalah “pintu” pertama yang dilalui oleh makanan yang masuk ke dalam tubuh si kecil.

Saat bayi usia 6 bulan hingga 1 tahun, jumlah gigi yang tumbuh belum begitu banyak maka cukup gunakan potongan kain kasa lembab yang dililitkan jari telunjuk, lalu gosokkan ke gigi anak dengan lembut. Gigi bayi Ibu sebaiknya dibersihkan minimal sehari sekali.

Hati-hati dengan gula pasir
Secara alamiah, bayi pasti menyukai manis. Akan tetapi pada usia dini sebaiknya diperkenalkan makanan yang memiliki rasa manis alami tanpa penambahan gula pasir. Dalam memilih susu untuk si kecil pun sebaiknya yang bebas gula pasir. Dengan tidak adanya gula pasir, maka penyerapan nutrisi oleh sistem pencernaan dapat berlangsung optimal. Selain itu mengurangi gas di lambung serta kemungkinan terbentuknya karies gigi dan kemungkinan terkena batuk.

Membatasi pemberian makanan yang manis juga membuat anak lebih dapat menerima makanan dengan berbagai macam rasa lainnya. Apabila si kecil sejak dini terlalu banyak diberikan makanan yang manis, maka kebiasaan makan ini akan menyebabkannya cenderung memilih makanan tersebut dibandingkan makanan lainnya. Padahal, kebiasaan ini dapat memicu timbulnya gangguan di kemudian hari. Misalnya, penyakit jantung, darah tinggi, kegemukan, gangguan kesehatan gigi, dan sebagainya.

Membiasakan tidur yang cukup
Bagi bayi, tidur memiliki manfaat yang sangat besar untuk tumbuh kembangnya. Tidur punya andil dalam meningkatkan daya tahan tubuh si kecil terhadap infeksi. Bayi yang selalu kurang tidur akan mengganggu pertumbuhan hormon dan sel-sel tubuhnya sehingga akan menurunkan daya tahan tubuhnya.

Kadar sel darah putih dalam tubuh akan menurun padahal sel darah putih menentukan efektifitas sistem daya tahan tubuh. Akibatnya, si kecil jadi gampang sakit. Secara emosional, bayi yang kurang tidur biasanya juga rewel. Berapa lama sebaiknya seorang bayi tidur? Lama tidur bayi tidak bisa disamaratakan.

Namun sebagai gambaran untuk bayi 0-1 bulan kumulasi jam tidurnya 16 jam (tidur siang 7,5 jam, tidur malam 8,5 jam), 3 bulan kumulasi jam tidurnya 15 jam (tidur siang 5 jam, tidur malam 10 jam), 6 bulan kumulasi jam tidurnya 14,5 jam (tidur siang 4,5 jam, tidur malam 10 jam).

sumber:clubnutricia
Terima Kasih Telah Berkunjung
Judul: Gaya Hidup Sehat Sejak Dini
DiPosting kembali Oleh Owner

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share kepada sahabat anda.
Daftarkan Email anda di pojok kanan bawah jika anda ingin mendapatkan kiriman artikel terbaru secara otmatis ke email anda.

0 comments:

Post a Comment