2:43 PM
0

Jika ingin buah hati lebih pintar berbicara, Anda mesti sering-sering menggunakan bahasa tubuh seperti melambaikan tangan atau menggambarkan "besar" atau "terbang".

Susan Goldin-Meadow dan Meredith Rowe, dua psikolog dari Universitas Chicago, Amerika Serikat, melakukan riset terhadap 50 keluarga yang memiliki anak berusia 14 bulan. Mereka merekam bagaimana orang tua dan anak berbicara selama 90 menit dan menghitung banyak kosa kata serta bahasa tubuh yang digunakan.

Orang tua biasanya tidak secara formal melatih anak-anaknya. Para ibu atau bapak itu biasa menggunakan bahasa tubuh untuk menunjuk sesuatu atau menjelaskan satu konsep.

Kadang si anak menunjuk anjing dan ibunya berkata, "Ya, itu anjing."

Atau si ayah membentangkan tangan, untuk menjelaskan konsep terbang. Atau menggunakan bahasa tubuh untuk menjelaskan kata "naik", atau "turun", atau "besar".

Saat itu para peneliti menemukan bahwa jumlah bahasa tubuh yang dilakukan seseorang terkait dengan tingkat ekonominya. Semakin kaya, semakin banyak menggunakan bahasa tubuh.

Mereka yang hidup sejahtera, rata-rata mengunakan 25 bahasa tubuh selama 90 menit itu. Sedang mereka yang hidupnya pas-pasan, hanya 15 bahasa tubuh.

Tepat tiga tahun kemudian, para peneliti kembali kepada obyek penelitiannya. Mereka membuat penilaian jumlah kosa kata yang dikuasa anak. Hasilnya, mereka yang mendapat bahasa tubuh lebih sedikit, juga lebih sedikit kosa kata yang dikuasai.


Sumber: TempoInteraktif.com AP/NURKHOIRI
Terima Kasih Telah Berkunjung
Judul: Bahasa Tubuh Membuat Balita Lebih Pintar Bicara
DiPosting kembali Oleh Owner

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share kepada sahabat anda.
Daftarkan Email anda di pojok kanan bawah jika anda ingin mendapatkan kiriman artikel terbaru secara otmatis ke email anda.

0 comments:

Post a Comment